Home » » Bografi singkat KH. Humaidi Shiddiiq (Pendiri Ponpes Ash Shiddiiq)

Bografi singkat KH. Humaidi Shiddiiq (Pendiri Ponpes Ash Shiddiiq)

Written By Unknown on Kamis, 02 Juli 2015 | Kamis, Juli 02, 2015

Terlahir di Desa Narukan , Kragan Kota Rembang dari buah pernikahan K. Shiddiiq dan Ibu Fatimah, masa kecil beliau dirasakan sangat sempurna karena beliau mendapatkan kasih sayang dan didikan langsung dari kedua orang tuanya, terlebih sang ayah. Hingga suatu saat, ayah beliau pernah membopongnya sembari berkata : iki jago ku-iki jago ku (ini jagoanku-RED), Namun, sebelum ayah beliau melihat anak yang dieluh-eluhkannya benar-benar menjadi jagoan dalam ilmu agama, ayah beliau terlebih dahulu menghadap sang Khaliq.

Setelah K. Shiddiiq wafat, Ibu Fatimah menjaga dan merawat Humaidi kecil seorang diri, tak kenal lelah dan mengeluh sedikitpun. beliau selalu berusaha menjadi seorang ibu yang sangat menyayangi anaknya dan seorang ayah yang selalu menjaga anaknya. hingga pada saat Humaidi kecil menikmati pendidikan sekolah dasar, yang pada saat itu berjarak cukup jauh dari kediaman beliau (di desa Pandangan), ibu Fatimah mengutus seseorang untuk menemani dan menjaga Humaidi kecil kerena beliau sangat takut kehilangan jagoan yang selalu dibanggakan oleh suaminya.
Saking sayangnya ibu Fatimah kepada satu-satunya anak laki-laki beliau, beliau rela menjual sawah untuk menuruti keinginan anaknya yang ingin memiliki sarung baru (pada saat itu harga sarung sebanding dengan jumlah rupiah yang kita gunakan sekarang untuk membeli motor Satria FU).
Pada tahun 1954 Humaidi kecil telah beranjak dewasa dan lulus dari pendidikan sekolah dasar yang kemudian beliau lanjutkan dengan mondok/nyantri di sarang, rembang Jawa tengah. Disana beliau menambah koleksi ilmunya dari para masyaikh yang memang sudah terkenal ilmu keagamaanya. Setelah 20 tahun dan telah dirasa cukup, beliau K H. Humaidi pulang atau boyong dari pondok sarang dan menikah dengan ibu Hj Hanifah bertepatan pada tanggal 29 juli 1974 M/ 09 Jumadil Akhir Tahun 1394 H.

AWAL BERDIRINYA PONPES ASH-SHIDDIIQ

Setelah pernikahan beliau dengan ibu Hj Hanifah berumur 1 bulan para santri sarang mengikuti beliau pulang dan ngaji bersama beliau, dari ngaji dengan beliau para santri sarang tersebut bisa menghatamkan beberapa kitab salaf namun masih dalam bentuk pengajian (ngaji ba'da maghrib), belum dalam suatu wadah ponpes. Dan pelajaran yang paling menonjol dari beliau KH Humaidi Shiddiiq sendiri adalah qowaidul fiqhiyah, hingga beliau mempunyai catatan ilmiah dalam bentuk kitab yang beliau namai dengan Risalatul Humaidiah dan beberapa taqrirot kitab lain seperti Taqrirot Al-Imrity Al-maqsud, Jawahiru tauhid dan beberapa kitab lain.
Seiring berjalanya waktu semakin banyak santri yang ngaji dengan beliau bahkan ada yang ingin iqomah/menetap, olehkarenanya pada saat itu, Tepatnya bulan Syawal 1974 beliau mulai membuat Halaqoh diluar ndalem dengan membangun sebuah bilik kamar untuk tempat para santri menginap dan belajar, kamar tesebut diberi nama Darul Qoror. Darul qoror inilah yang menjadi awal tonggak berdirinya ponpes Ash Shiddiiq.

Semakin bertambahnya hari, darul qoror yang beliau buat penuh sesak dengan para santri yang ingin istifadah ilmu beliau, hingga beliau rasa perlu membuat tempat baru untuk menampung para santri. Akhirnya beliau berInisiatif membangun tempat-tempat baru dengan bantuan para santri beliau yang telah lebih dahulu menempati Darul Qoror.
Akhirnya beliau K.H Humaidi dengan para masyarakat sekitar dan bantuan para santri menyelesaikan bangunan yang kemudian dinamai dengan Pondok pesantren Ash Shiddiiq sebagai wujud ta'dzim dan terimakasih kepada Ayah beliau K. Shiddiiq.

3 komentar :

  1. alhamdulilah aku masih bisa mengenyam pendidikan ataau ngaji kepada beliau..semoga ke;luarga besar kiyai dalam keadaan sehat semua...
    Bay.... Syukur Brabo

    BalasHapus
  2. Ada silsilah nya mbah shidiq enggak min? Klo ada apa boleh saya minta? Klo boleh kirim di banyureged@gmail.com
    Karena dari cerita kakek2 saya dulu dari narukan makam nya ada disana, katanya namanya mbah usman sama mbah abdurrahman

    BalasHapus
  3. Ikut dan nyimak penjelasan silsilah dari gus baha yg sering diutarakan. 🙄

    BalasHapus